Site icon Tanah Airku

Kontak Tembak Terjadi di Intan Jaya, 1 Prajurit TNI Gugur

Jakarta

Kontak tembak antara aparat dan kelompok sipil bersenjata (KKB) kembali terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dua prajurit TNI tertembak dalam peristiwa tersebut.

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, mengatakan kontak tembak terjadi di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Intan Jaya, pada hari ini. Kolonel Suriastawa mengatakan ada salah satu prajurit yang gugur tertembak.

Dia mengatakan prajurit yang tewas bernama Pratu Firdaus. Personel Satgas Yonif R 400/BR itu ditembak KKB saat sedang patroli untuk menjamin keamanan warga. Satu prajurit lainnya mengalami luka.

“Saat ini sedang dilaksanakan proses evakuasi korban,” kata Suriastawa, Jumat (6/11/2020).

Tewasnya Pratu Firdaus menambah panjang daftar korban tewas di Intan Jaya akibat serangan KKB. Setidaknya dua prajurit TNI dan seorang warga sipil tewas akibat serangan KKB. Selain itu, ada sipil yang mengalami luka tembak.

“Bukan hanya prajurit TNI/Polri yang memang bertugas, warga sipil juga jadi sasaran kebiadaban KKB. Dan kemarin kita mendengar pernyataan Bupati Intan Jaya tentang kelakuan KKB yang suka mengambil Dana Desa. Selebaran permintaan dana kepada masyarakat juga beredar. Dan ini semua menunjukkan bahwa KKB dan pendukungnyalah akar masalah di Papua,” ungkap Suriastawa.

Exit mobile version