Site icon Tanah Airku

KONI soal Kelanjutan PON Papua 2021: Skenario Terburuk Tanpa Penonton

KOMPAS.com – Ketua Umum KONI, Marciano Norman, memberikan kabar terkini terkait kelanjutan PON Papua 2021 di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung surut di Indonesia.

Menurut Marciano Norman, PON Papua akan tetap berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan yakni pada 2-31 Oktober 2021.

Pembangunan venue pertandingan juga sudah mencapai 90 persen membuat pihaknya optimistis PON dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

Namun, mengingat kasus positif Covid-19 yang masih tinggi di Tanah Air, KONI telah mempersiapkan rencana cadangan dengan menggelar pertandingan tanpa penonton.

Baca juga: 300 Hari Jelang PON XX Papua, Sejarah Festival Cahaya Sajian Virtual

Apabila memang harus demikian, nantinya masyrakat dapat menonton pagelaran PON ke-20 di Papua secara live streaming dan siaran langsung melalui televisi nasional.

“Masa waktu Januari sampai nanti menjelang pelaksanaan itu kita juga melakukan evaluasi dari waktu ke waktu,” kata Marciano Norman kepada KOMPASTV, Rabu (6/1/2021).

“Apakah dimungkinkan pelaksanaan dengan penonton. Jika tidak, alternatifnya tanpa penonton, itu worst scenario-nya,” lanjutnya.

Baca juga: PON Papua 2021, Perhatikan Pemeriksaan Fisik Atlet

Meski sudah memikirkan rencana cadangan, hal itu masih dalam taraf kajian dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19 ke depan dan pelaksanaan Olimpiade Tokyo, Agustus mendatang.

Olimpiade akan jadi rujukan bagi KONI untuk pelaksanaan PON pada Oktober nanti.

Sementara itu, dalam pagelaran PON Papua, terdapat 37 cabang olahraga dengan 679 nomor pertandingan.

Exit mobile version