Site icon Tanah Airku

PON Papua 2021, Perhatikan Pemeriksaan Fisik Atlet

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua mulai Sabtu (2/10/2021) akan ada banyak kesibukan berkenaan dengan persiapan atlet.

PON Papua yang sedianya berlangsung pada 2020 tertunda oleh pandemi Covid-19.

PON Papua akan berakhir pada Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Pulihkan Atlet Cedera, Ini Saran Fisioterapis Timnas U-19

“Berkenaan dengan persiapan atlet, akan banyak sekali kebutuhan pemeriksaan fisik atlet sebelum bertarung di event tersebut,” kata pendiri KineticX Asep Aziz, Selasa (5/1/2021).

Fisioterapis timnas sepak bola U-19 Indonesia Asep Azis mengatakan di masa sekarang, cedera berolahraga juga merambah ke orang-orang yang menyukai gaya hidup berolahraga dalam keseharian mereka. 
Asep Azis Fisioterapi Fisioterapis timnas sepak bola U-19 Indonesia Asep Azis mengatakan di masa sekarang, cedera berolahraga juga merambah ke orang-orang yang menyukai gaya hidup berolahraga dalam keseharian mereka.

Asep Aziz yang kini menjadi fisioterapis tim nasional sepak bola U-19 Indonesia mengatakan pada PON Papua, KineticX akan bersinergi dengan Dinas Pemuda dan OLahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia, induk organisasi olahraga, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Kami mendukung pengembangan sport sicence di Indonesia,” kata Asep.

KineticX Founder KineticX Asep Aziz mengatakan peluang bisnis sport science masih sangat terbuka lebar.

Lagian, perlu waktu untuk meningkatkan awareness orang mengenai pentingnya melakukan body checkup secara rutin terutama jika kita memiliki riwayat cedera.

Sport science adalah prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dalam pembinaan prestasi olahraga.

Secara singkat, sport science memanfaatkan aplikasi teknologi digital untuk menyimpan data-data Human Measurement Technologies yang hasilnya digunakan untuk performance, analisis risiko cedera (injury risk analysis), serta rehabilitation.

Asep Aziz, kemudian, dalam perjalanan kariernya mendirikan KineticX Indonesia di Surabaya pada 2020.

Berbendera PT Teknologi Kinetik Indonesia, kata Asep Aziz, pihaknya menggandeng Vald Performance dari Australia.

KineticX Penggunaan sport science dalam olahraga, kata founder KineticX Asep Aziz adalah salah satu jawaban bagi para pelaku olahraga di Indonesia memahami dan mengenali kondisi tubuh mereka.

Vald Performance mengusung teknologi antara lain humantrack 3D movement analysis, Force Frame Strength Testing, Nordbord Hamstring Testing, dan Force Desk (dual force plate).

Exit mobile version