Site icon Tanah Airku

Jaringan Mancanegara di Balik Pemasok Senjata KKB Intan Jaya

Jakarta

Polda Papua menangkap Naftali Tipagau alias Niel Tipagau alias Nataniel Tipagau (25), yang merupakan pemasok senjata dan amunisi ke kelompok kriminal bersenjata (KKB) Intan Jaya, Papua. Polisi kini tengah melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap kasus tersebut.

Tapi ternyata, di balik pemasokan senjata itu, ada campur tangan dari luar negeri. Diduga, pemasok senjata itu memiliki jaringan sampai Filipina.

“Ada jaringannya, sampai ke Filipina, kita masih buru. Kita masih lakukan pengembangan terus dan akan ada tersangka lainnya di kasus jual-beli senjata untuk menyuplai KKB, termasuk Timika kita pantau terus,” kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw saat ditemui di Hotel Horison Timika, Jumat (8/1/2021).

Nataniel Tipagau (NT) masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak Januari 2020. Anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ini ditangkap di Jalan Sam Ratulangi, Jayapura, Papua, Senin (4/1) pukul 17.30 WIT.

Penangkapan itu berdasarkan daftar pencarian orang nomor: DPO/03/III/Res.1.24/2020/Ditreskrimum dan Laporan Polisi Nomor: LP/02-a/I/2020/Papua/Res Nabire tanggal 25 Januari 2020 tentang perkara kasus transaksi amunisi.

Irjen Paulus menambahkan Nataniel Tipagau sudah sempat memasok senjata di beberapa lokasi sebelum diamankan.

“Total senjata itu ada 12, ada yang diturunkan di Sorong, ada juga yang di turunkan di Manokwari. Kita dapat hanya empat pucuk di Nabire,” tambahnya.

Simak lebih lanjut terkait penangkapan Naftali Tipagau

Exit mobile version