Site icon Tanah Airku

Soal Rencana Pembangunan Landasan Roket SpaceX di Papua, Ini Kata Kepala BKPM

Proyek pertama adalah Starlink, yakni upaya pembangunan satelit untuk memberikan jaringan internet dari atas Bumi.

Diperkirakan, Starlink akan menghabiskan USD 10 miliar untuk membangunnya. Kendati demikian, Starlink diprediksi bisa menghasilkan USD 30 miliar untuk perusahaan.

SpaceX telah meluncurkan setidaknya 1.000 satelit Starlink. Layanan internet melalui Starlink ini pun telah diuji beta untuk konsumen di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris.

Proyek lainnya adalah roket Starship SpaceX yang tengah dikembangkan. Selama beberapa waktu terakhir, SpaceX telah sukses meluncurkan beberapa prototipe Starship dan mendaratkannya dengan selamat dalam uji coba.

Masih terkait Starship, SpaceX juga mau mengembangkan sistem roket yang bisa digunakan berulang kali untuk penerbangan komersial. Dengan begitu, upaya bepergian ke luar angkasa bisa menghemat biaya. 

Ambisi SpaceX memang sangat banyak. Sebelumnya, perusahaan penerbangan antariksa Elon Musk, SpaceX, berencana mengirimkan misi luar angkasa dengan awak berasal dari warga sipil untuk pertama kalinya.

Rencananya, misi luar angkasa bernama Inspiration4 ini akan diluncurkan pada akhir 2021. Fokus misi ini adalah amal dan dikomandoi oleh wirausaha bidang teknologi, Jared Isaacman.

Dalam pengumuman perusahaan, SpaceX menyebut, pihaknya akan memilih tiga orang warga sipil lain untuk menjadi awak Crew Dragon, menemani Jared Isaacman.

Mengutip The Verge, Selasa (2/2/2021), Isaacman merupakan seorang pilot terlatih sekaligus CEO perusahaan teknologi Shift4 Payments. Ia menyebut telah mendonasikan USD 100 juta pada rumah sakit anak-anak St. Jude.

Isaacman bermaksud untuk mengajak banyak orang berdonasi hingga mengumpulkan USD 200 juta bagi rumah sakit anak-anak St. Jude.

Nantinya, tiap orang yang berdonasi minimal USD 10 berkesempatan terpilih menjadi awak dari misi luar angkasa SpaceX ini.

“Tiga orang akan dipilih untuk mewakili pilar misi kepemimpinan, harapan, murah hati, dan kemakmuran. Meski satu orang sudah terpilih, awak kru lengkap baru akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan,” kata SpaceX.

Elon Musk pun mengatakan, misi ini merupakan tonggak penting untuk memungkinkan akses ke ruang angkasa bagi semua orang.

Exit mobile version