Site icon Tanah Airku

Terbongkarnya Gua dan Pos Tinjau Gerilya KKB Papua

MimikaTNI mengungkap sejumlah tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Mimika, Papua. Tempat persembunyian itu berupa gua dan pos tinjau.

Gua dan pos itu ditemukan di Distrik Sugapa, Mimika, Papua, pada Selasa (9/3). Tempat persembunyian itu diduga kuat sebagai sarana KKB dalam melancarkan aksi gerilya.

Pada foto pertama, terlihat ada bambu yang disusun memanjang di mulut gua sehingga susunan bambu tersebut difungsikan sebagai kanopi mulut gua.

Sementara pada foto kedua, terlihat ada tali atau sejenis batang atau akar yang dipakai untuk menghubungkan dua pohon yang berdekatan. Simpul dari tali tersebut diduga dipakai sebagai pos tinjau KKB.

Lokasi persembunyian KKB Papua (Dok. Pen Kogabwilhan III)

“Selain tergolong kriminal, aksi front bersenjata OPM ini sudah tergolong aksi terorisme dengan taktik gerilya,” kata Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Suriastawa memastikan KKB bersembunyi di hutan dan gunung di Papua saat bergerilya. Pos-pos pada pohon digunakan untuk menghindar dari patroli petugas.

Exit mobile version