Site icon Tanah Airku

Tangani Konflik Papua, Pemerintah Diminta Contek Pendekatan terhadap GAM

Liputan6.com, Jakarta – Peneliti HAM dan Sektor Keamanan Setara Institute, Ikhsan Yosarie meminta pemerintah mencontek pendekatan penyelesaian konflik Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dalam menangani konflik di Papua.

Menurutnya penyelesaian konflik di Papua harus mengedepankan pendekatan yang lembut, bukan yang bersifat militeristik.

“Ketimbang meletakkan HAM sebagai urusan belakangan, yang secara eksplisit tidak kondusif terhadap penyelesaian konflik Papua, pendekatan halus (soft approach) dalam bentuk negosiasi yang dilakukan terhadap GAM di Aceh seharusnya dapat menjadi pembelajaran. Terlebih, para aktor yang terlibat ketika itu masih dapat dijumpai,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (27/4/2021).

Ia memaparkan, bahwa melalui strategi ini kelompok eks kombatan GAM yang dipimpin Din Minimi telah menyerahkan diri pada 2015 lalu. Penyerahan diri Din Minimi itu kemudian diikuti oleh 120 orang anak buahnya dan menyerahkan persenjataan yang mereka pegang. 

“Dengan demikian, penyelesaian konflik dapat dilakukan tanpa memakan korban jiwa lagi, terutama dari masyarakat sipil,” ujarnya.

 

Exit mobile version