Site icon Tanah Airku

Presiden Jokowi Akan Akan Hadiri Peparnas Papua

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo secara resmi akan mengakhiri Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas Papua) ke-16 di Stadion Jayapura Mandala pada 13 November.

Menteri Pemuda dan Olahraga menyatakan, selain menghadiri upacara penutupan, Presiden juga akan meninjau langsung salah satu cabang olahraga dan penyerahan medali kepada para atlet.

Presiden Joko Widodo akan segera menghadiri penutupan Taman Wisata Nasional. Zainudin mengatakan dalam siaran pers yang diterima Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Selasa, bahwa ia juga berencana untuk mengunjungi salah satu venue kompetisi yang diadakan di Pepanas.

Sebelumnya Presiden Jokowi akan dikarantina usai kunjungannya dan berhalangan hadir pada pembukaan Pekan Olahraga Penyandang Cacat Nasional yang digelar pada 5 November lalu, sehingga menyerahkan tugas tersebut kepada Wakil Presiden Maruf Amin.

Baca juga : PON Papua jadi referensi WSBK Mandalika untuk penanganan Covid-19

Lebih lanjut, Zainudin menilai bahwa Peparnas Papua 2021 secara keseluruhan berjalan lancar hingga hari keempat penyelenggaraan meski ditemui masih ada beberapa kekurangan minor.

“Saya yakin semua kompetisi olahraga dapat dilaksanakan dengan lancar dan aman hingga setelah acara penutupan. Karena jika ada gangguan besar dan pertandingan dihentikan, maka akan meninggalkan catatan buruk untuk keseluruhan acara. Sampai hari ini, saya kira pelaksanaannya masih berjalan lancar dan hasil yang dicapai sudah tercapai,” ujarnya.

Hingga hari keempat, Pepanas telah mencetak banyak rekor di beberapa cabang olahraga seperti renang dan atletik. Peparnas Papua mengikuti 12 cabang olahraga di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Adapun 12 cabang kompetisi Peparnas 2021 antara lain angkat besi, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis kursi roda, dan tenis meja.

Mereka memperebutkan 2.812 medali dari 640 cabang olahraga, terdiri dari 861 medali emas, 861 medali perak, dan 1090 medali perunggu. Jawa Barat menjadi juara Peparnas 2016.

Baca Juga: Daftar Perolehan Medali Peparnas Papua Terkini

Exit mobile version