Site icon Tanah Airku

5 Wilayah di Papua yang Rawan Operasi KKB, Jadi Sasaran Operasi Perdamaian Cartenz

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Jakarta – Polri resmi mengubah Satgas Nemangkawi menjadi Operasi Damai Cartenz. Satgas tersebut nantinya akan bekerja di lima wilayah berdasarkan data kerentanan tinggi operasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Pada Kamis (20 Januari 2022), Brigadir Jenderal Ahmed Ramadan dari Departemen Humas Polri mengatakan kepada staf media di Jakarta: “Wilayah operasi Damai Cartenz akan di lima Polres diluncurkan.”

Lima kabupaten yang menjadi lokasi operasi perdamaian Cartenz adalah Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga, Intan Jaya dan Puncak Ilaga.

“Mengapa daerah ini dipilih, karena statistik KKB di lima daerah yang lebih banyak kekerasannya,” katanya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Operasi Perdamaian Katenz resmi beroperasi mulai 17 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022. Sebanyak 1.925 personel gabungan dari TNI dan Polri dikerahkan untuk melakukan operasi penggantian nama Satgas Nemankawi tersebut.

1.824 personel Polri itu terdiri dari 528 personel Polda Papua dan 1.296 personel Mabes Polri. Operasi Katenz bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah sah Papua.

Baca Juga : Polri: Orang Asli Papua Fokus Pembinaan Operasi Damai Cartenz

Exit mobile version