Site icon Tanah Airku

Polda Riau Kirim 105 Personel Brimob ke Papua

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal melepas keberangkatan ratusan personel Brimob Polda Riau ke Papua, Sabtu (22/1/2022).(Dok. Polda Riau)

Pekanbaru – Sebanyak 105 Satbrimob Polda Riau dikerahkan ke Papua pada Sabtu malam (22/1/2022).

Upacara keberangkatan berlangsung di lapangan terminal kargo bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal.

Keluarga dan kerabat mereka menyaksikan keberangkatan anggota Brimob ke Papua.

Banyak orang mengabadikan momen itu dalam foto.

Personel Brimob juga terlihat berpelukan dan mencium keluarga mereka saat berpamitan.

Ratusan personel Satuan Brimob Polda Riau menjabat sebagai Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua.

“Saya sampaikan bahwa ini adalah penugasan yang mulia yang diperintahkan Mabes Polri kepada Satuan Brimob Polda Riau, untuk bertugas melakukan tugas-tugas kepolisian, di wilayah hukum Polda Papua, jadi BKO Polda Papua,” kata Irjen Pol Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Kelompoknya memiliki segala sesuatu yang diperlukan sebelum staf Satbrimob Polda Riau diberangkatkan.

“Pertama kualitas sumber daya manusia, Insya Allah di bawah kepemimpinan Dansat Brimob semua sumber daya manusia yang berangkat, pasukan yang berangkat sudah siap. Kemampuan teknis, kemampuan taktis. Segala bentuk kemampuan Brimob sudah mereka miliki,” kata Iqbal.

Iqbal menegaskan, sesungguhnya sebagai anggota Polri otomatis memiliki jiwa yang membantu, mengayomi dan pelindung masyarakat.

Pasukan Brimob tampak lincah, gesit dan terlatih. Namun, unsur humanistik tetap dimunculkan.

“Itulah ciri khas personel Brimob. (Malam ini) ada 105 personel yang berangkat, Insya Allah 1,5 bulan mereka di sana. Saya malam ini melepas mereka, juga ada sanak famili. Istri, orangtua, adik, dan lain-lain,” ucap mantan Kadiv Humas Polri ini.

Iqbal mengaku bangga dengan pendampingan keluarga dalam pemberangkat personel Brimob Polda Riau ke Papua.

Baca Juga : 5 Wilayah di Papua yang Rawan Operasi KKB, Jadi Sasaran Operasi Perdamaian Cartenz

“Malam ini Brimob diminta negara melakukan beberapa hal. Saya yakin dengan kemampuan yang dimiliki jajaran Brimob Polda Riau, pimpinan tidak segan-segan melepas seluruh rekan-rekannya untuk mengemban misi yang luhur,” kata Iqbal.

Dia mengatakan personel yang dikirim didukung oleh pelatihan dan kemampuan teknis dan taktis, serta peralatan pendukung lainnya.

Kapolda Riau juga berpesan, sebagai umat beriman hendaknya mendoakan agar misi kemanusiaan ini dapat berjalan sesuai harapan.

“Jaga nama baik negara, nama baik Polda Riau. Kami berharap dapat melihat rekan-rekan kami kembali ke Bumi Lancang Kuning dengan bangga,” kata Iqbal.

Usai pembekalan, acara dilanjutkan dengan doa bersama. Irjen Iqbal memberikan bingkisan bekal secara simbolis diterima Komandan Kompi penugasan.

Bersama kerabat dan keluarga dari para personel, Iqbal melepas keberangkatan dengan menyalami satu persatu anggota, dan memberikan semangat untuk tugas keamanan dengan ragam dinamika yang ada di Papua.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini, Wakapolda Riau Brigjen Tabana Bangun, Irwasda Kombes Hermansyah, Dansat Brimob Kombes Ronny Lumban Gaol dan para Pejabat Utama Polda Riau.

Exit mobile version