Site icon Tanah Airku

Gubernur Papua Lukas Enembe Terima Penghargaan Inisiator Olahraga SIWO PWI

Kendari – Sebanyak 12 kepala daerah, termasuk 7 Gubernur dan 5 Bupati/Walikota, menerima penghargaan “Inisiator Olahraga Indonesia 2022” dari Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali secara simbolis menyerahkan penghargaan dalam peringatan rangkaian Hari Pers Nasional 9 Februari 2022 di sebuah hotel di Kota Kendari, Kabupaten Sulawesi Tenggara pada Selasa (08/02/22)

Tidak hanya kepala daerah, empat anggota legislatif Indonesia dan lima pengurus KONI daerah juga menerima penghargaan tersebut.

Menpora Zainuddin Amali mengucapkan terima kasih kepada SIWO PWI yang telah memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah, KONIDa dan anggota DPRD.

“Ini menunjukkan kepedulian rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam PWI, khususnya SIWO, terhadap perkembangan olahraga nasional,” ujarnya.

Menurutnya, Design Besar Olahraga Nasional (DBON) menuju Indonesia Emas 2045 tentunya tidak akan berjalan tanpa dukungan rekan media/wartawan.

“DBON sudah sesuai dengan Perpres No 86 Tahun 2021 yang artinya aturannya sudah ada dan akan kita buat dan persiapkan untuk mengimplementasikannya, tapi kalau publik, masyarakat tidak tahu apa yang sudah dilakukan pemerintah tentunya tidak akan menghasilkan apa-apa,” kata Zainuddin.

Baca Juga : Pemuda Papua dalam Sumpah Pemuda, Aitai Karabuba

Oleh karena itu, ia berharap mendapat dukungan dari PWI SIWO agar implementasi DBON ini dapat berjalan dengan maksimal.

“Ini yang mau kita urus, jangan sampai programnya seperti dulu, dirancang dengan baik dan aturan hukumnya lemah, tapi ketika diimplementasikan lemah dan akhirnya program itu hilang dengan sendirinya. Saya tidak ingin DBON menjadi seperti itu,” kata Zainuddin.

Gubernur Papua, Lukas Enembe melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri A. Yudianto, yang juga salah satu penerima penghargaan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PWI yang telah memberikan penghargaan tersebut.

“Atas nama Gubernur Papua, kami mengucapkan terima kasih kepada SIWO PWI yang diam-diam memantau para pemimpin dan tokoh pemerintah yang memiliki visi khusus untuk memajukan olahraga,” kata Jerry.

Ia mengatakan, Gubernur Papua sangat concern dengan hal ini dan memberikan perhatian penuh terhadap perkembangan olahraga di bumi cenderawasih. Tidak hanya itu, Gubernur juga prihatin dengan kemajuan Papua di bidang lain seperti pengembangan sumber daya manusia, termasuk memajukan Papua dan setara dengan daerah lain.

“Selanjutnya apa yang disampaikan Menpora tentang DBON Menuju Indonesia Emas 2045, menunjukkan sinergi dengan kita dalam pembangunan olahraga di tanah air,” imbuhnya.

Jeri mengatakan, sebagai masyarakat Papua, kita tentu bangga dengan kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe.

“Buktinya kita melihat PON XX kita sebagai tuan rumah sukses menyelenggarakannya, bahkan di masa pandemi Covid-19 yang menjadi salah satu metrik evaluasi, kita bisa menyelenggarakan beberapa event selama pandemi, yang pertama kali ini. Waktu di Indonesia semua bisa berjalan lancar. Yang paling besar prestasi olahraga Papua melonjak drastis,” ujar Jerry bangga.

Baca Juga : Cartenz’s Peaceful Operation Benefits the Papuan People

Atal S Depari, Ketua PWI pusat, sangat mengapresiasi para kepala daerah peraih penghargaan yang telah memberikan dukungan kuat bagi perkembangan olahraga prestasi di daerahnya.

“Saya sangat bersyukur mereka mengalokasikan anggaran untuk olahraga. Karena olahraga membutuhkan dukungan anggaran dan olahraga sepertinya selalu membuat kita bangga,” kata Atal.

Ia berharap ucapan terima kasih (penghargaan) ini dapat berperan dalam merangsang semangat untuk mengembangkan DBON ke depan.

“Karena tidak ada atlet yang muncul tiba tiba, tapi semua harus melalui desain dan pendekatan teknologi. Itulah DBON yang diharapkan, DBON yang bisa menghasilkan atlet terbaik dan berprestasi.

Diketahui, Para penerima penghargaan antara lain Gubernur Papua, Lukas Enembe, Jawa Barat Ridwan Kamil, Bengkulu Rohidin Mersyah, Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Riau H. Syamsuar, Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Walikota Medan Mohammad Bobby, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Maluku Tenggara Muhamad Taher Hanubun, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Walikota Gorontalo Marthen Taha dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Anggota Legislatif DPRD Sulawesi Tenggara Ketua DPR Abdurrahman Saleh, DPR Lampung Rahmat Mirzani Jausal, Ketua DPR Papua Joni Banua Row.

Ketua Koni Kaltara Muhammad Nasir, Ketua Koni Sulawesi Tengah Nisar Rahmatu, Ketua Koni Jawa Barat Ahmad Saefuddin, Sekretaris Koni Papua Kenius Kogoya.

Exit mobile version