Site icon Tanah Airku

5 Kuliner Khas Papua, Wajib Kamu Coba!

5 Kuliner Khas Papua Wajib Kamu Coba

5 Kuliner Khas Papua Wajib Kamu Coba

Pesona Papua selalu menghipnotis masyarakat lokal bahkan masyarakat mancanegara terlebih di wilayah perairannya. Berbicara Papua tak hanya tentang adat, budaya dan tempat wisatanya yang indah.

Masyarakat Papua juga memiliki berbagai macam kuliner khas yang lezat. Berikut 5 kuliner khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Papua, mari kita ulas

1. Papeda

Ilustrasi Papeda

Papeda adalah salah satu makanan khas Papua yang paling ikonik dan terkenal. Makanan ini biasanya menjadi makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Padeda memiliki tekstur yang kental dan rasa yang ringan. Makanan ini terbuat dari pohon sagu yang telah diperas, disaring dan dimasak.

Selain berasal langsung dari pohon sagu, papeda juga bisa dibuat dari tepung sagu. Caranya sederhana, cukup didihkan air, lalu masukkan sagu ke dalam panci atau mangkuk, tambahkan air jeruk, garam dan air dingin secukupnya.

Masukkan sagu dan semua bahan, lalu saring. Saat air mendidih, tuangkan ke dalam sagu yang sudah disiapkan dan aduk hingga matang. Aduk terus hingga matang merata.

2. Ulat Sagu

Ilustrasi Ulat Sagu

Salah satu makanan khas Papua adalah sate ulat sagu. Masyarakat suku Kamaro menganggap ulat sagu sebagai makanan yang kaya vitamin. Biasanya ulat sagu banyak ditemukan pada batang sagu yang sudah tua atau lapuk.

Masyarakat setempat menyebut makanan dengan bahan utama ulat sagu disebut manggia.

3. Ikan Kuah Kuning

Ilustrasi Ikan Kuah Kuning

Ikan kuah kuning yang ada di Papua mirip dengan sajian makanan khas Ambon. Ikan kuah kuning biasanya disantap dengan papeda. Ikan kuah kuning kaya akan rasa dan cocok dengan papeda yang memiliki rasa tawar.

Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tuna atau jenis ikan lainnya, baik segar maupun laut. Hidangan ini terlihat segar dan kuning berkat penggunaan kunyit dan rempah-rempah lainnya.

4. Keladi Tumbuk

Ilustrasi Keladi Tumbuk

Keladi tumbuk banyak dikonsumsi masyarakat Biak, Papua. Sajian tersebut adalah talas yang rebus lalu ditumbuk hingga halus. Biasanya keladi tumbuk disajikan dengan sayur pakis, ikan suir asap, dan sambak.

Keladi tumbuknya memiliki tekstur layaknya bubur bayi, lembut dengan rasa yang tawar. Perpaduan rasa tawar dari keladi tumbuk, sedikit rasa asap dan pedas dari ikan suir, gurihnya sayur pakis lodeh, dan asamnya sambal menciptakan rasa yang unik.

5. Sagu Lempeng

Ilustrasi Sagu Lempeng

Masyarakat Papua memiliki makanan olahan khas, yaitu sagu lempeng. Rasa makanan ini oriental yang unik ini awalnya tawar.

Namun, belakangan ini mulai dipermanis dengan gula serta dimodifikasi dengan menambahkan bahan-bahan seperti kacang, kelapa dan gula ke dalam komposisinya.

Teksturnya keras dan bisa dinikmati dengan dicelupkan ke air supaya lebih lunak.

Biasanya penduduk setempat menikmati kue ini dengan secangkir teh atau kopi panas ketika mereka bersantai di sore hari.

Sagu lempeng tahan lama, hal ini dikarenakan kue ini melalui proses pengawetan dengan pemanasan.

Baca juga : Menjelajahi 5 Surga di Tanah Papua

Exit mobile version