Site icon Tanah Airku

Sagu Lempeng Makanan Unik Papua

Sagu lempeng

Sagu lempeng

bangunpapua.com – Papua merupakan pulau bagian timur di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri. Dari segi budaya, wisata alam, dan kuliner. Banyak sekali makanan khas Papua yang belum diketahui selama ini, yang memiliki cita rasa yang enak. Namun kali ini, kita akan membahas makanan olahan sagu, yaitu sagu lempeng.

Olahan sagu selain papeda, sagu lempeng adalah makanan khas Papua yang sangat unik dan identik. Sagu lempeng ini merupakan makanan khas di Papua. Masyarakat Papua menikmati sagu lempeng dengan teh atau kopi.

 

Menikmati sagu lempeng dengan teh atau kopi

Sagu lempeng dibuat dari bahan dasar sagu yang dicetak menggunakan besi kemudian dibakar dan dipanggang berbetuk persegi empat atau persegi panjang. Selain di Papua dan Papua Barat, sagu lempeng dapat ditemukan juga di provinsi lain yaitu Ambon dan Maluku.

Sagu lempeng berbentuk roti tawar. Rasa awalnya, tawar. Tapi belakangan sudah mulai bervariasi dengan gula untuk mendapatkan cita rasa manis. Teksturnya keras dan bisa dinikmati dengan dicampur atau dicelupkan ke air supaya lebih lunak.

Kue sagu lempeng bisa bertahan lama karena telah melewati proses pengawetan dengan pemanasan yang bisa mengurangi kadar air sehingga bisa menghambat pertumbuhan mikroba dan jamur.

Kalau kamu melancong ke Tanah Papua, mencicipi kuliner sagu lempeng merupakan kegiatan wajib, roti tawarnya masyarakat Papua yang tidak tergantikan.

Baca juga : Filosofi Papeda Makanan Khas Papua Tergeser Nasi

Exit mobile version