Site icon Tanah Airku

Kuala Kencana, Kota Modern di Timika

Kuala Kencana, Kota Modern di Timika

Kuala Kencana, Kota Modern di Timika

bangunpapua.com – Kuala Kencana saat ini menjadi perbincangan publik di media sosial. Kuala Kencana adalah sebuah kota modern yang berada di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia.

Julukan Kota Modern di Kuala Kencana karena daerah ini mengedepankan aspek pemeliharaan lingkungan.

Kuala Kencana ini dikelola oleh PT. Freeport Indonesia. Kuala Kencana bukan tempat untuk wisata karena merupakan kawasan terbatas yang hanya dapat dimasuki oleh mereka yang memegang kartu identitas dan surat izin dari PT. Freeport Indonesia.

Kawasan yang rapi ini bebas dari tiang listrik dan terbatas untuk kendaraan. Kendaraan yang hendak masuk dan keluar akan melewati pos pemeriksaan ketat dan teliti oleh petugas keamanan di perlintasan perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Penataan kota Kuala Kencana ini terkenal bagus karena tidak memiliki tiang listrik yang berdiri. Jaringan listrik di Kuala Kencana berada di bawah tanah.

Saluran listrik serta saluran komunikasi untuk distribusi air minum diletakkan di bawah tanah.

Dikutip dari TribunTimur, Kuala Kencana juga merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem pembuangan limbah yang terhubung langsung dengan pusat pengelolaan limbah.

Perumahan di Kuala Kencana juga menggunakan konsep modern bergaya barat dan sangat berbeda dengan hunian orang Indonesia kebanyakan.

Rumah-rumah yang dibangun tidak dipagari dan dilengkapi dengan halaman yang luas.

Penataan rumah juga tertata rapi, menyatu dengan kondisi alam dataran rendah.

Beberapa kompleks hunian warga Kuala Kencana antara lain RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartemen, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor’s Quarter.

Kawasan ini juga memiliki fasilitas yang sangat baik dan lengkap.

Ada perkantoran PT Freeport Indonesia, komplek perumahan karyawan, lapangan sepak bola, lapangan badminton indoor, lapangan futsal indor, kolam renang standar olimpiade, lapangan golf, hingga pusat perbelanjaan.

Fasilitas publik seperti sekolah, alun-alun (The Plaza), gereja, masjid, salon, perpustakaan, restoran, hingga layanan perbankan juga tersedia.

Jalan di kawasan ini juga mulus dan kawasan Kuala Kencana menawarkan kualitas udara yang bersih.

Baca juga : Pemkab Wondama Segera Bangun Jalan Baru ke Pasar Sentral Iriati

Exit mobile version