Site icon Tanah Airku

Pesona Raja Ampat, Surga Bahari di Indonesia

Pesona Raja Ampat, Surga Bahari di Indonesia

Pesona Raja Ampat, Surga Bahari di Indonesia

bangunpapua.com – Wisata Raja Ampat terletak di Papua, Indonesia bagian timur. Beberapa orang mengatakan bahwa pariwisata Raja Ampat adalah surga bahari tersembunyi yang dimiliki Indonesia.

Berwisata Selam (diving) ke Raja Ampat

Raja Ampat adalah salah satu bukti pesona alam Indonesia. Pulau yang mempesona ini terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Dilansir melalui papuabarat.bpk.go.id, kabupaten ini adalah sebuah daerah pemekaran yang dibentuk atas UU Nomor 26 Tahun 2002. Kawasan ini memiliki sekitar 600 pulau, yang terdiri atas pulau besar dan kecil melalui informasi sippa.ciptakarya.pu.go.id.

Diantara gugusan pulau ini, terdapat 4 pulau besar non vulkanik yakni Pulau Salawati, Pulau Butanta, Pulau Misool, dan Pulau Weigo yang sebagian besar berbukit dan ditutupi oleh hutan hujan tropis yang lebat.

Melalui situs resmi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Raja Ampat Papua juga disebut dengan The Four Kings, sebab empat pulau utama ini dikelilingi oleh 1.500 pulau kecil, karang, dan laut dangkal.

Kabupaten Raja Ampat adalah tujuan wisata bahari yang sempurna bagi pecinta diving dan snorkeling. Objek wisata ini menjadi favorit bagi turis lokal maupun mancanegara.

Wisata Raja Ampat di Papua menawarkan banyak objek wisata yang sangat diminati khususnya oleh wisatawan mancanegara, yakni diving. Kegiatan diving (penyelaman bawah laut) dan snorkeling di Raja Ampat akan menunjukkan keindahan bawah laut Wisata Raja Ampat di Papua yang sangat mempesona, dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup secara alami.

Sedikitnya terdapat 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang (avertebrata) dapat ditemukan di alam bawah laut Raja Ampat. The Nature Conservancy dan Conservation International yang menyampaikan bahwa sekitar 75% spesies laut di dunia hidup di kawasan Raja Ampat. Ekosistem yang sangat alami dan mempesona ini membuat Raja Ampat dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia.

Perairan yang berwarna biru kehijauan dan gugusan pulau Raja Ampat menjadi salah satu daya tarik yang akan memikat hati dan mata siapa saja yang melihatnya. Selain itu, kekayaan alam yang luar biasa dari salah satu gugusan kepulauan Indonesia ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kepulauan Raja Ampat dan Laut di Sekitarnya di Provinsi Papua Barat atas Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.64/MEN/2009.

Baca juga : Menjelajahi 5 Surga di Tanah Papua

Kekayaan Hayati Raja Ampat Papua

Kekayaan Hayati Raja Ampat Papua

Kekayaan hayati luar biasa yang terdapat di Raja Ampat adalah keberadaan ekosistem laut, seperti ekosistem mangrove, ekosistem terumbu karang, dan berbagai jenis ikan yang di hidup di wilayah lautan yang dapat dikategorikan sebagai lautan alami.

Wilayah pantai Waigeo Bara Waigeo Selatan, pantai Batanta, dan pantai timur Pulau Salawati di Raja Ampat terdapat eksosistem mangrove. Hutan mangrove sendiri merupakan habitat yang sangat baik bagi sumber daya ikan dan berbagai biota perairan seperti udang, kepiting, kerang, dan lain-lain.

Ternyata, ekosistem terumbu karang yang ada di Raja Ampat juga tersebar di seluruh wilayah kepulauan ini. Terumbu karang di Pulau Ayau memiliki luas 168.380 Ha, Kepulauan Asia sebesar 125.750 Ha, Pulau Sayang seluas 96.000 Ha, dan masih banyak lagi lainnya.

Daya tarik wisata lain yang ditawarkan Raja Ampat, yakni pesona kebudayaan Papua yang bisa dirasakan di Desa Pariwisata Arborek. Wisata ini menawarkan kehidupan ala warga lokal, dimana kita bisa menginap dan belajar untuk mengenal berbagai kebudayaan khas masyarakat Papua.

Nah itu dia pesona Raja Ampat Papua sebagai wisata surga bahari yang luar biasa di Indonesia. Jangan lupa masukkan wishlist Kepulauan Raja Ampat sebagai salah satu tempat destinasi kamu ya!

Baca juga : 5 Jenis Rumah Adat Papua dan Keunikannya!

Exit mobile version