Site icon Tanah Airku

Selain Sajojo, Lagu Apuse Tak Kalah Populer!

Selain Sajojo, Lagu Apuse Tak Kalah Populer

bangunpapua.com – Selain “Sajojo” lagu daerah asal Papua, ada lagu daerah asal Papua yang tak kalah populer. Yups, Lagu itu adalah Apuse.

Lagu “Apuse” merupakan lagu daerah yang berasal dari Papua. Gaya lirik lagu yang diulang-ulang, serta nadanya yang ritmis membuat lagu ini mudah diingat.

Walaupun lagu Apuse adalah lagu daerah asal Papua, tetapi lagu ini sangat familiar dan populer di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia sehingga banyak dinyanyikan oleh masyarakat Indonesia dalam beberapa kesempatan.

Pada dasarnya, lagu “Apuse” berasal dan diciptakan di Jayapura. Namun, hingga saat ini belum diketahui secara pasti siapa pencipta lagu daerah asal Papua tersebut (anonim). Lirik lagu “Apuse” dikenal singkat dan sederhana.

Gaya lirik lagu yang diulang-ulang, serta nadanya yang ritmis membuat lagu ini mudah diingat. Walaupun lagu Apuse adalah lagu daerah asal Papua, tetapi lagu ini sangat familiar dan populer di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia.

Secara bahasa, “Apuse” diartikan sebagai sosok nenek atau kakek. Lagu “Apuse” mengisahkan tentang seorang cucu yang meminta izin kepada kakek dan neneknya untuk merantau ke negeri atau pulau seberang.

Baca juga : Lagu Sajojo Menghipnotis Pendengarnya

Cucunya ingin merantau mencari kehidupan yang lebih baik. Negeri atau pulau seberang tersebut ialah Teluk Doreri.

Teluk Doreri adalah sebuah wilayah yang menjadi pusat keramaian dan perekonomian disana. Teluk Doreri juga sebuah teluk dimana terdapat pelabuhan domestik nasional dan pemberhentian antar wilayah di Papua.

Selain itu, Teluk Doreri dikenal sebagai pintu masuk jalur laut menuju Manokwari yang merupakan ibukota Papua Barat. Teluk Doreri juga mempunyai peran penting dalam persebaran agama Kristen Katolik di tanah Papua.

Sebagai salah satu lagu daerah, “Apuse” merupakan lagu yang perlu dilestarikan dengan terus menyanyikannya. Bagi yang tidak hafal, berikut lirik lagu Apuse.

Lirik Lagu Apuse

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Baca juga : Pesona Raja Ampat, Surga Bahari di Indonesia

Exit mobile version