Site icon Tanah Airku

Flora dan Fauna Kekayaan Alam Papua, Simak Yuk!

Flora dan Fauna Kekayaan Alam Papua, Simak Yuk!

Flora dan Fauna Kekayaan Alam Papua, Simak Yuk!

Bangunpapua.com –  Papua merupakan salah satu wilayah kepulauan dengan kekayaan alam yang luar biasa. Flora dan Fauna yang khas di Tanah Papua menjadikan Papua memiliki daya tarik tersendiri bagi turis lokal dan mancanegara.

Di Papua, sekitar 75% dari luas daratannya ditutupi oleh hutan tropis yang kewilayah tanah daratannya ditutupi oleh hutan hujan tropis yang lebat dan ditumbuhi ragam jenis kayu yang tersebar secara heterogen. Sebagian besar hutan tersebut belum pernah dijamah oleh manusia.

Keunikan di wilayah Papua ini adalah hutan hujan tropis. Wilayah Papua selalu diselimuti kabut yang mengindikasikan bahwa hutan di Papua memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Flora

Jenis flora di Papua memiliki persamaan yang signifikan dengan jenis flora yang ada di Benua Australia. Adapun jenis flora yang terdapat di Papua antara lain Auranlaris, Grevillea, Ebny-dium dan lain-lain.

Yuk, lihat jenis flora di Papua yang sangat mirip dengan jenis flora di Australia

1. Auranlaris

Auranlis. Sumber : Google

2. Grevillea

Grevillea. Sumber : Google

3. Ebny-dium

Ebny-dium. Sumber : Google

Baca juga : Selain Sajojo, Lagu Apuse Tak Kalah Populer!

Papua memiliki flora alam yang pada saat ini sedang dikembangkan secara nasional maupun internasional yaitu adalah sejenis anggrek yang termasuk di dalam Farmika Orcdacede yang langka di dunia. Anggrek alam papua tumbuh secara tersebar dari pantai berawa hingga pegunungan. Umumnya hidup pada pohon-pohon maupun diatas batu-batuan serta diatas tanah.

Anggrek Langka Papua. Sumber : Google

Pohon Arancia, Librecedus, Metrosideres, Tristanio, Melaleuca, Darydium dan lain lain. Tumbuhan atau jenis pohon yang merupakan ciri khas dari papua adalah pohon Papua Cedrum Sp dan Podacarpus Papuanus

Fauna

Tidak hanya flora saja di Papua yang menjadi kekayaan alam Papua, adapun jenis fauna yang memiliki ciri khas dari Papua antara lain :

Cenderawasih, Kasuari, beberapa jenis Elang, Merpati, Walte, Beo/Bayan/Nuri, Babi Hutan, Kanguru Tanah, Kus-Kus, Tikus tanah, Woda/ Phalayer Spp, berbagai jensi serangga, beberapa jenis burung seperti Red Throated bee Eater, Black Headed Gonolek, Red Chested Sunbird.

Yuk, lihat beberapa jenis fauna paling terkenal di Papua

1. Cendrawasih

Cendrawasih. Sumber : Google

2. Kasuari

Kasuari. Sumber : Google

Baca juga : Pesona Raja Ampat, Surga Bahari di Indonesia

Exit mobile version