Site icon Tanah Airku

5 Fauna Endemik di Pulau Papua

Fauna Endemik di Pulau Papua

Fauna Endemik di Pulau Papua

BangunPapua.com Keanekaragaman hayati di Indonesia sangat banyak. Salah satunya Fauna di Pulau Papua. Papua memiliki Fauna endemik, merupakan ciri khas dari Papua. Indonesia terbagi 3 kelompok fauna, yaitu fauna asiatis, fauna peralihan, dan fauna australis.

Sebelumnya, fauna endemik merupakan hewan asli daerah tertentu. Hewan endemik hanya dapat ditemukan dan tumbuh berkembang secara alami dalam wilayah asalnya saja.

Dilansir dari Biology LibreTexts, hewan endemik muncul sejak pecahnya benua Pangea membuat hewan tersebar dan berkembang secara unik di berbagai daerah di permukaan bumi. Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyumbang keragaman satwa.

Fauna Papua termasuk kelompok fauna Australis. Jenis hewannya memiliki kesamaan dengan hewan di Benua Australia. Dilansir dari buku Geografi kara L. Iskandar, jenis fauna Pulau Papua antara lain sebagai berikut: burung cenderawasih, kakatua raja, kasuari gelambir ganda, nuri, ikan seleropages, ikan ceratodus, dan kanguru kecil.

5 Fauna Endemik di Papua

Berikut 5 fauna endemik yang terdapat di Papua.

1. Burung Cenderawasih (Paradisaeidae)

 

Burung Cenderawasih (Paradisaeidae). Sumber : Google

Merupakan burung yang habitatnya tersebar di seluruh Indonesia bagian Timur. Burung cendrawasih memiliki warna yang sangat indah. Ada 42 jenis yang 30 di antaranya berada di Indonesia. Jenis burung cendrawasih yang dapat ditemukan di Indonesia bagian Timur adalah cenderawasih bidadari Halmahera, cenderawasih gagak, cenderawasih astrapia arfak, dan cenderawasih paradigalla ekor panjang.

Oleh masyarakat Papua, Burung Cenderawasih dianggap sebagai titisan dari surga. Keelokan warna-warna bulunya yang begitu indah pasti membuat orang terpukau ketika melihatnya. Berdasarkan arti nama atau etimologinya, Cendrawasih merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “cendra” yang berarti dewa atau dewi dan “wasih” yang berarti utusan.

Baca juga : Flora dan Fauna Kekayaan Alam Papua, Simak Yuk!

2. Kakatua Raja (Probosciger Aterrimus)

 

Kakatua Raja (Probosciger Aterrimus). Sumber : Google

Dikenal sebagai kakatua hitam besar adalah salah satu burung asli dari Papua dan Australia. Kakatua jenis ini memiliki paruh berwarna hitam yang sangat besar dengan belang warna merah di pipinya yang terlihat sangat menonjol.

Berbeda dengan jenis kakatua lainnya, burung kakatua ini mempunyai bulu berwarna hitam serta jambul yang berwarna hitam pula. Burung yang memiliki nama latin Probosciger Aterrimus atau Palm Cockatoo dalam bahasa inggrisnya memiliki ukuran yang juga besar sehingga menjadikannya sebagai spesies kakatua terbesar di Indonesia.

3. Kasuari Gelambir

 

Kasuari Gelambir. Sumber : Google

Adalah salah satu dari dua spesies burung di dalam suku Casuariidae. Burung ini tersebar di daerah hutan tropis dan pegunungan di Papua. Kasuari memiliki tanduk di kepalanya yang dapat membantunya berjalan di habitatnya yang berupa hutan lebat.

Baca juga : Flora dan Fauna Khas Indonesia Bagian Timur, Kamu Tahu Nggak Ya?

4. Nuri Kabare (Psittrichas Fulgidus)

 

Nuri Kabare (Psittrichas Fulgidus). Sumber : Google

Merupakan burung endemik Papua. Burung nuri kabare memiliki tubuh yang besar dengan panjang mencapai 50 cm dan berat hingga 800 gr. Nuri kabare ini memiliki tampilan fisik yang garang. Bulunya memanjang di sekitar kepala dengan berwarna hitam gelap terlihat seperti burung elang.

5. Kanguru Papua

 

Kanguru Papua. Sumber : Google

Papua memiliki hewan marsupial atau mamalia berkantung yaitu kanguru Papua. Ada dua spesies kanguru tanah di Papua, diantaranya Thylogale brunii dan Thylogale stigmata. Habitat kanguru di Papua lebih kompleks karena dapat ditemukan di daerah pesisir pantai, hutan dataran rendah, hingga puncak Jayawijaya.

Itulah 5 fauna endemik di Papua. Papua merupakan tempat yang kaya akan keanekaragaman hayati, dan banyak spesies lainnya yang juga menjadi kebanggaan Indonesia. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Anggrek Hitam Papua, Si Cantik yang Langka

Exit mobile version