Site icon Tanah Airku

Pulau Um, Pulau Kecil Hunian Ribuan Kelelawar

Pulau Um, Pulau Kecil Hunian Ribuan Kelelawar

Pulau Um, Pulau Kecil Hunian Ribuan Kelelawar

Bangunpapua.com – PULAU Um adalah sebuah pulau kecil di Papua Barat. Terletak di Kampung Malaumkarta, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat belum banyak diketahui orang. Namun, keindahan pulau kecil ini tidak kalah dari destinasi wisata kabupaten tetangga, Raja Ampat.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Um pasti terpesona dengan keindahan alamnya. Hamparan pasir putih yang bersih dan ribuan ekor kelelawar hidup di setiap pepohonan pulau, menjadi ciri khas dari pemandangan indah Pulau Um ini.

Um berarti kelelawar, jadi Pulau Um adalah Pulau Kelelawar. Pulau Um sangat luar biasa indahnya. Pulau Um ini memiliki ciri khas dengan ribuan kelelawar hidup di dahan pohon pada siang hari dan sore hari menjelang malam terbang meninggalkan Pulau untuk mencari makan.

Uniknya, saat malam kelelawar mencari makan Dan ketika hari hampir pagi ribuan kelelawar tersebut kembali lagi ke pulau Um. Wisatawan yang berkunjung ke pulau Um pasti kagum dengan keindahan alamnya.

Pulau Um kini menjadi salah satu destinasi wisata. Warga Malaumkarta juga mendapat manfaat ekonomi dari kegiatan pariwisata di Pulau tersebut. Mereka dapat menyewakan perahu kepada wisatawan yang hendak menuju Pulau Um.

Warga Malaumkarta Raya umumnya tak mengganggu populasi kelelawar dan satwa luar seperti burung cenderawasih dan kanguru pohon. Hal itu dilakukan karena menyadari pentingnya menjaga keanekaragaman hayati untuk keturunan mereka di masa depan.

Selain dari pantai dengan hamparan pasir putih bersih, keunggulan dari Pulau Um adalah tempat ribuan kelelawar pada siang hari.

Baca juga: Kali Kaca, Surga Tersembunyi di Maybrat Papua Barat

Exit mobile version