Site icon Tanah Airku

Mengenal 5 Alat Musik Papua, Simak Yuk!

5 Alat Musik Papua

5 Alat Musik Papua

BANGUNPAPUA – Alat musik Papua tentu sangat beragam dan unik. Selain digunakan untuk upacara adat, alat musik Papua digunakan juga sebagai penghibur masyarakat Papua. Alat musik tradisional Papua mayoritas dimainkan dengan cara ditiup, ada juga yang dipukul untuk menghasilkan nada yang indah di telinga.

Berikut ini adalah alat musik papua, simak yuk!

1. Triton

Triton merupakan alat musik Papua yang terbuat dari cangkang siput besar yang ujungnya telah dilubangi. Sebelum digunakan sebagai alat musik, Triton dulunya dipakai untuk memberikan peringatan kepada warga. Cara memainkannya adalah dengan meniup lubang kecil buatan. Suara dihasilkan dari lubang besar alami yang ada di ujung lain.

Alat Musik Triton

2. Kaido

Kaido dikenal sebagai Pikon yang terbuat dari bambu halus atau buluh yang diberi benang anggrek.

Alat musik Kaido dimainkan dengan salah satu sisinya ditiup. Secara bersamaan benang anggrek ditarik untuk mengatur tinggi rendahnya nada.

Alat Musik Kaido atau Pikon

Asal mula Kaido diciptakan untuk menghilangkan rasa penat masyarakat Papua setelah berladang. Namun berkembang menjadi salah satu alat musik yang wajib ada pada upacara adat.

Kaido diyakini dengan nada yang dihasilkan sebagai bentuk pernyataan kesedihan, cinta, kegembiraan bahkan kebencian. Bahkan pemuda Suku Mee kerap menggunakan Kaido untuk mengungkapkan perasaan cinta terhadap lawan jenis.

3. Fuu

Fuu adalah alat musik Papua yang mirip dengan Triton. Bedanya, Fuu terbuat dari bambu. Sebilah pendek bambu dilubangi di kedua sisinya dengan ukuran yang berbeda.

Selain itu, ukiran dengan motif tertentu juga disematkan pada bagian luar alat musik tersebut. Cara memainkan Fuu dilakukan dengan meniup bagian lubang kecil hingga suara keluar dari lubang yang besar.

Alat Musik Fuu

4. Krombi

Krombi terbuat dari bambu. Bagian atas bambu disayat hingga dalamnya terlihat. Kemudian, pada bagian atasnya diikatkan beberapa utas tali.

Krombi dimainkan dengan cara dipukul pada bagian tali tersebut menggunakan sebatang bambu kecil. Sama seperti Kaido, Krombi kerap digunakan sebagai pengiring upacara dan pesta adat.

Alat Musik Krombi

5. Tifa

Tifa merupakan alat musik Papua yang bentuknya mirip gendang. Tifa sering digunakan untuk mengiringi tarian adat maupun perang masyarakat.

Tifa terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya dan ditutup menggunakan kulit hewan. Berbagai macam ukiran juga menghiasi alat musik tersebut tergantung filosofi yang ingin ditampilkan masing-masing suku Papua.

Alat Musik Tifa

Baca juga: 5 Tari Adat Tradisional Papua

Exit mobile version