Site icon Tanah Airku

Tito Karnavian Resmi Lantik 3 Pj Gubernur DOB Papua

Tito Karnavian Resmi Lantik Tiga Pj Gubernur Daerah Otonom Baru Papua

BANGUNPAPUA – Tiga tokoh resmi dilantik sebagai penjabat (Pj) Gubernur di tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta pada Jumat (11/11).

Ketiganya yakni Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo menjadi Pj Gubernur Papua Pegunungan dan Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 115/P/2022 tentang Pengangkatan Pj Gubernur Daerah Papua. Tito memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah langsung di depan tiga pejabat yang hadir.

“Sebelum saudara dilantik, bersedia kah mengucap janji menurut agama masing-masing?” tanya Tito.

“Bersedia,” jawab ketiga tokoh tersebut.

Setelah itu, Tito memimpin tiga tokoh tersebut untuk dilantik sebagai Pj Gubernur.

“Saya berjanji, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur Papua Selatan, sebagai penjabat gubernur Papua Tengah, sebagai penjabat gubernur Papua Pegunungan dengan sebaik baiknya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa. Semoga Tuhan menolong saya,” bunyi sumpah jabatan yang dikatakan tiga tokoh itu secara serempak.

Selanjutnya, ketiga Pj Gubernur menandatangani surat integritas, berita acara pelantikan dan sumpah janji jabatan.

Sebelum menjabat sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo adalah Rektor Universitas Cendrawasih. Ia sudah memegang jabatan di kampus tersebut sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Baca juga: Kemendagri Segera Lantik Pj Gubernur Tiga DOB Papua

Berikut ini profil singkat mengenai ketiga Pj Gubernur di tiga daerah otonom baru (DOB).

1. Apolo Safanpo

Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan

Apolo memperoleh gelar sarjana teknik dari Universitas Negeri Surajada pada tahun 1999. Ia kemudian memperoleh gelar Ph.D. di Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2016. Sebelum menjadi rektor, Apolo pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik, Ketua Jurusan Teknik Sipil periode 2012-2017, Fakultas Teknik 2003-2005, dan Pembantu Dekan III FT 2005-2012.

Baca juga: Pembangunan DOB Butuh Dukungan dan Komitmen Berbagai Pihak

2. Nikolaus Kondomo

Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan

Nikolaus Kondomo merupakan jaksa yang menjabat sebagai Kajati Papua sejak November 2019. Nicholas adalah putra asli Papua. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Jaksa Senior Kalimantan Tengah dan Wakil Jaksa Senior Papua.

Baca juga: Pemekaran DOB Papua Percepat Kesejahteraan Masyarakat Asli Papua

3. Ribka Haluk

Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah

Ribka Haluk merupakan seorang birokrat di Papua. Saat ini dia masih menjabat sebagai Bupati Arimore. Ribka juga sempat menjabat sebagai Pj Bupati Mappi pada tahun 2017, menyusul berakhirnya masa jabatannya sebagai bupati dan wakil bupati di daerah tersebut.

Baca juga: Profil Provinsi Baru Papua Tengah

Exit mobile version