Site icon Tanah Airku

5 Pantai di Papua yang Wajib Dikunjungi

BANGUNPAPUA.COM – Menuju ke bagian timur Indonesia, kita memiliki Papua yang memiliki kekayaan alam melimpah. Keindahan alam Papua akan memikat siapa saja. Tak hanya Raja Ampat, wisata bahari di Papua juga bisa menghempas penat dan sayang untuk dilewatkan.

Berikut beberapa pantai terindah di Papua yang menarik untuk dijelajahi saat liburan.

1. Pantai Pasir Timbul

Raja Ampat merupakan salah satu ikon wisata terbesar di Papua. Tepat di Waigeo Anda akan menemukan pantai yang menakjubkan bernama Pantai Pasir Timbul. Pantai yang dekat dengan perbukitan hijau ini sangat sayang untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, Anda akan melihat air yang begitu jernih.

Bahkan dari atas air, Anda bisa mengintip terumbu karangnya saking beningnya. Ini adalah daya tarik utama dari pantai yang indah ini. Tempatnya tidak besar, tapi sangat cocok untuk orang yang suka snorkeling. Setidaknya 100 spesies ikan hidup di dekat pantai ini.

Beberapa jenis terumbu karang juga membuat pantai ini semakin menarik. Pantai ini juga cocok untuk foto Instagrammable. Pantai ini tidak selalu tersedia karena hanya muncul saat laut surut. Pantai ini berada tepat di tengah lautan, sehingga akan membuat liburan Anda berkesan.

2. Pantai Harlem

Pantai terindah berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Harlem. Pantai-pantai di Jayapura memang pantas disebut sebagai surga dunia. Hanya saja untuk mendapatkan keindahan tersebut, Anda harus menaklukkan medannya. Anda dapat mencapai Pantai Harlem dengan transportasi laut.

Pantai Harlem juga terkenal dengan pasir putihnya, dan menuju ke sana lebih mudah jika Anda menyewa sopir. Letaknya tidak jauh dari dermaga Depapre, sekitar 15 menit dengan perahu. Begitu datang, segala lelah dan perjuanganmu akan terbayar dengan keindahannya.

Pasir putih layaknya mutiara membentang di sepanjang garis pantai. Suasananya begitu nyaman dan tenang, akan menghilangkan segala penat Anda. Di dekat pantai terdapat deretan pepohonan yang menyejukkan udara. Menariknya, Anda juga bisa menjumpai kolam air tawar tak jauh dari pantai.

Pantai Harlem patut disebut sebagai pantai terindah karena hingga saat ini penduduk setempat merawatnya dengan baik. Setiap orang yang ingin pergi ke pantai ini harus mempersiapkan segala sesuatunya. Meski butuh perjuangan, pesona yang ditampilkan tak akan membuat Anda menyesal.

3. Pantai Banos

Pantai Banos berada di Pulau Misool, Raja Ampat tepatnya di Pulau Banos. Pantai yang tenang ini adalah salah satu tujuan terbaik untuk berenang atau sekedar berjalan-jalan. Beberapa orang juga datang untuk berfoto, karena pantai ini memang memiliki banyak spot instagram yang menarik, tentunya belum banyak orang yang berkunjung.

Pantai indah di Papua ini memiliki pasir putih yang lembut dan air yang jernih. Beberapa terumbu karst yang juga ditumbuhi tumbuhan membuat pantai ini semakin eksotis. Berbagai aktivitas seru juga bisa Anda lakukan di pantai ini. Mulai dari bersantai di pinggir pantai hingga menyambangi bawah lautnya yang tak kalah indahnya.

4. Pantai Pulau Venue

Jika Anda berada di Kabupaten Kaimana, dibutuhkan waktu 3 hingga 5 jam perjalanan menuju Pantai Pulau Venue. Pantai ini sangat cocok bagi pecinta lautan yang ingin menikmati indahnya pasir putih. Pantai ini merupakan perpaduan mempesona antara pasir putih lembut dan air jernih.

Tak hanya itu, pantai ini juga menjadi tempat bertelur Burung Maleo, Penyu Belimbing, dan hewan endemik lainnya. Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke pantai ini. Salah satunya adalah Anda bisa mengintip pesona bawah laut yang memiliki terumbu karang yang menakjubkan. Belum lagi suasana pantainya yang sangat mendukung untuk bersantai.

5. Pantai Batu Pica

Biak yang juga masih bagian dari Papua ini memiliki keindahan yang tak boleh dilewatkan. Pantai ini juga sering disebut Pantai Batu Gong. Bagian dari pesonanya terletak pada bentuk karang yang indah, seperti potongan meja di tepi laut. Namun karang inilah yang justru memecah ombak di tepi Samudera Pasifik.

Ketika air pasang menghantam, itu menghasilkan semburan setinggi hampir 15 meter. Hal ini tentunya menambah daftar daya tarik dari pantai ini. Pantai ini didominasi oleh karang-karang tajam yang memberikan kesan eksotis. Airnya yang jernih juga menambah keindahan pantai ini.

Baca Juga : Mengenal 5 Pantai di Kabupaten Waropen Papua

sumber : pesisir.net

Exit mobile version