Site icon Tanah Airku

Pemprov Papua Raih Penghargaan Sebagai Provinsi Informatif 2022

Bangunpapua.com – Papua dinobatkan sebagai Provinsi Informatif 2022 untuk pertama kalinya sejak 2014. Pencapaian ini berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi (Monev-KI) 2022 di Jakarta.

Jeri Agus Yudianto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Papua, mengatakan prestasi tersebut diraih dari perjalanan panjang dalam upaya memperbaiki kinerja pengelolaan informasi dan dokumentasi di Pemprov Papua.

Ditambah lagi, lanjut Jeri, komitmen yang kuat dari Pimpinan Daerah, yakni Gubernur Papua Lukas Enembe, mendorong pejabat di bawahnya untuk mengelola informasi dan dokumentasi secara terbuka serta transparan sesuai ketentuan yang ada.

“Dimulai dari Sekda yang merupakan atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID Utama), kemudian PPID Utama yang saat ini dijabat secara ex-officio oleh Kepala Dinas Kominfo, kemudian atasan PPID (para Kepala SKPD), keduanya harus terbuka dalam pelayanan publik,” jelas Jeri, di Jayapura, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga : Komisi V DPR Papua Usulkan Raperda Provinsi Olahraga

Sementara itu, hasil MONEV-KI 2022 mengalami lonjakan partisipasi, dengan total peserta sebanyak 372 lembaga publik dari seluruh Indonesia.

Terdiri dari Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perguruan Tinggi Negeri, Pemerintah Provinsi dan Partai Politik.

“Sedangkan hasil penilaian meliputi kurang informatif, cukup informatif, menuju informatif dan informatif,” ujarnya.

Seperti diketahui, MONEV-KI 2022 mengangkat tema Digitalisasi Keterbukaan Informasi Badan Publik di Masa Pemulihan Covid-19.

Baca Juga : 4 Pejabat Pemprov Papua Dilantik

Sementara aspek penilaiannnya meliputi Inovasi Pelayanan Informasi yang berkesinambungan meliputi Keterbaruan Inovasi, Penggunaan Teknologi dan Informasi, Kemanfaatan Inovasi, Keunikan dan Aksestabilitas dan Strategi badan publik dalam melaksanakan keterbukaan informasi itu sendiri secara berkesinambungan.

Klarifikasi penilaian juga dilakukan oleh Tim Penilai yang terdiri dari komisioner informasi pusat, akademisi, praktisi atau organisasi masyarakat yang memiliki kompetensi di bidang keterbukaan informasi.

Keberhasilan pada Tahun 2022 ini merupakan pemicu semangat bagi provinsi papua untuk mempertahankan dan meningkat kinerjanya dalam mengelola Keterbukaan Informasi pada lingkup Pemerintahan sehingga publik atau masyarakat bisa terlayani dengan baik dan kinerja Pemerintah lebih transparan sesuai ketentuan yang berlaku.

Penganugerahan 2022 dihadiri Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, sejumlah Gubernur, Pejabat Eselon I tingkat Kementerian, Rektor, Pimpinan BUMN, Pimpinan Partai Politik dan untuk Gubernur Papua diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Papua.

Baca Juga : Tito Karnavian Resmi Lantik 3 Pj Gubernur DOB Papua

Exit mobile version