Site icon Tanah Airku

Puluhan Pemuda Papua Siap Tampil di Peresmian Papua Youth Creative Hub

BANGUNPAPUA – Puluhan pemuda dan pemudi Papua yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) siap tampil di hadapan Presiden Joko Widodo untuk meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua.

“Kami mengadakan audisi model, ratusan peserta yang ikut dan semua sangat berbakat. Tetapi terpilih yang terbaik dari yang terbaik, ada 30 model yang terpilih,” kata Koordinator Umum PMI Billy Mambrasar di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Koordinator Umum PMI Billy Mambrasar mengungkapkan, ratusan pemuda Papua antusias mengikuti audisi tersebut.

Staf khusus presiden mengatakan, pemuda itu akan tampil dengan busana terbaik karya desainer asli Tanah Papua.

Billy Mambrasar mencatat, talenta muda Papua akan tampil di hadapan Presiden Joko Widodo yang akan segera meresmikan gedung megah dengan sentuhan tradisional dan fasilitas yang lengkap, kebanggaan para pemuda Papua ini.

Baca juga : Gedung PYCH di Papua Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Selain itu, pihaknya juga menggelar audisi dancer, marching band hingga nanti akan ada kegiatan karnaval PYCH.

Billy Mambrasar menegaskan, PMI ingin menampilkan generasi emas pemuda Papua dengan berbagai bakat dan keterampilan yang akan berkontribusi bagi pembangunan Indonesia.

“Karnaval sebelum peresmian tujuannya untuk menunjukkan, kami bukan hanya menyediakan bangunan PYCH, tetapi bahwa manusia dan talentanya itu sudah ada, sebelum bangunannya itu jadi,” katanya menegaskan.

Salah satu peserta audisi, Cheniva Yarangga (17) mengaku senang karena terpilih menjadi salah satu model putri. Ia bertekad akan menampilkan performa terbaiknya pada acara peresmian.

“Perasaan saya sangat senang. Saya sebenarnya sangat gugup untuk tampil di hadapan presiden, tetapi saya akan memberikan yang terbaik,” katanya.

Baca juga : KONI Jayapura Segera Gelar Raker Bahas Kemajuan Olahraga Papua

Gedung YPCH yang diresmikan oleh Presiden Jokowi ini terdiri dari gedung utama yang terdiri dari dua lantai, dan dua gedung asrama.

Di gedung ini ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi, hingga perpustakaan.

Ada juga ruangan berbentuk auditorium yang bisa menampung lebih dari ratusan orang. Ruangan ini bisa digunakan untuk pertunjukan, keagamaan dan lain-lain.

“Kami fokusnya mendidik dan meningkatkan SDM Papua,” ujarnya.

Billy Mambrasar mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Dirjen BIN Pol (Purn) Budi Gunawan yang telah membangun gedung PYCH.

“Terima kasih atas hadiah fasilitas ini. Kami anak Papua siap membangun Indonesia dari tanah Papua,” janjinya.

Baca juga : Cerita Mama-Mama Papua Antusias Ikuti Pelatihan Membatik dan Menjahit

Exit mobile version