Site icon Tanah Airku

Cek Fakta-Fakta Pesawat Susi Air Dibakar KKB di Nduga

BANGUNPAPUA – Pesawat PK-BVY milik maskapai Susi Air dibakar di Lapangan Terbang Paro, Distrik Paro, Nduga, Papua Tengah. Terungkap pesawat Susi Air dibakar oleh KKB.

Perwakilan Susi Air, Donal Fariz, membeberkan kronologi pesawat Susi Air yang dibakar teroris KKB di Nduga, Papua. Donal mengatakan pesawat terbakar pada pukul 06.35 WIT pagi tadi.

Semula pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY lost contact di Bandara Paro sekitar pukul 06.17 WIT saat melakukan penerbangan rute Timika-Paro-Timika dengan membawa 5 penumpang dan bagasi dengan total muatan 452 kg.

Dua jam kemudian, Susi Air mendapati pesawat pada pukul 09.12 WIT dalam posisi ELT aktif. Setelah itu, perusahaan menerapkan situasi darurat secara internal dengan mengirimkan pesawat lain untuk mengecek lokasi pesawat dan ditemukan terbakar di landasan.

Kapolda Papua Kompol Mathius Fakhiri mengatakan ada lima penumpang di dalamnya, termasuk bayi. Mathius juga mengatakan, pesawat tersebut dipiloti oleh Kapten Philips M yang merupakan warga negara Selandia Baru.

Dia memaparkan lima nama penumpang pesawat Susi Air, yakni Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W. Berikut ini fakta-fakta pesawat Susi Air yang dibakar KKB :

Baca juga: KSP Kecam Insiden 10 Warga Nduga Papua Tewas Ditembaki KKB

Pesawat Susi Air Dibakar KKB

Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 terbakar di lapangan terbang Paro. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga membakar pesawat tersebut.

“Memang benar ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga,” kata Irjen Mathius seperti dilansir Antara.

Hingga saat ini polisi belum mengetahui pasti mengenai pilot bersama lima penumpang pesawat. Diduga pilot dan penumpang disandera.

“Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya,” katanya.

Baca juga: Kapolda Papua: Teror KKB Meningkat, Ada 44 Kasus selama Semester 1 Tahun 2022

Pilot dan Penumpang Disandera KKB

Nasib pilot pesawat tersebut belum diketahui hingga saat ini. Irjen Mathius mengaku belum mendapat kepastian terkait kondisi pilot dan lima penumpang lainnya.

“Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya,” kata Mathius di Jayapura.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, Kapten Philips pilot pesawat Susi Air dibawa rombongan KKB yang dipimpin Egianus Kogoya (EK).

“(Pilot Pesawat Susi Air) dibawa kelompok EK,” ujar Muhammad Saleh seperti dikutip dari detikSulsel.

Muhammad Saleh juga mengatakan, penumpang di dalam pesawat tersebut dibawa oleh KKB. Namun, dia tidak menjelaskan kondisi pilot dan penumpang pesawat saat ini.

“Sedang kita cek berapa orang yang dibawa EK,” tegasnya.

Baca juga: 8 Pekerja Jaringan Telekomunikasi Ditembaki KKB Saat Perbaiki Tower BTS

Tim Gabungan Turun Tangan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan saat ini timnya tengah mencari pilot pesawat Susi Air yang dibakar kelompok KKB di Kabupaten Nduga, Papua Tengah. Perkembangan terbaru terkait proses pencarian akan disampaikan nanti.

“Terkait dengan perkembangan dari pilot dan penumpang yang diamankan oleh KKB saat ini sedang dalam pencarian tim gabungan dari Operasi Damai Cartenz,” kata Listyo dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

“Saat ini sedang melakukan operasi pencarian. Untuk hasilnya nanti akan kami informasikan,” lanjutnya.

Baca juga: Seorang Polisi Tertembak KKB hingga Terjadi Kontak Senjata

Pesawat untuk Evakuasi Petugas Puskesmas

Irjen Mathius menjelaskan penyebab pesawat Susi Air dibakar teroris kelompok KKB. Aksi itu rupanya berawal dari tindakan pengancaman kepada petugas puskesmas.

“Ada pengancaman terhadap pekerja puskesmas,” kata Mathius.

Menurutnya, pesawat Susi Air awalnya ditujukan untuk mengevakuasi petugas puskesmas yang menjadi korban pengancaman. Namun pesawat itu justru dibakar oleh KKB.

“Kita berusaha untuk evakuasi. Namun kemarin pesawat yang kita kirim tadi pagi ya dibakar,” katanya.

Baca juga: Kapolda Papua: Konsep Operasi Damai Cartenz Tidak Berubah, Meski 3 Parajurit TNI Gugur Diserang KKB

KKB Egianus Kogeya Akui Bakar Pesawat KKB

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau KKB Papua mengaku telah membakar pesawat Susi Air. KKB juga mengaku menyandera pilot pesawat tersebut.

“Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma membakar pesawat Susi Air, nomor registrasi PK-BvY, di Bandara Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua,” tulis TPNPB dalam keterangan tertulis.

Pembakaran dan penyanderaan diarahkan oleh Egianus Kogeya. KKB juga mengatakan mereka membawa para sandera keluar dari Nduga.

Baca juga: Mematahkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua

Exit mobile version