Site icon Tanah Airku

5 Khas Batik Papua Beserta Makna Didalamnya

Jakarta, Bangunpapua.com – Papua, wilayah paling timur Indonesia ini tidak hanya memiliki destinasi wisata alam yang indah tetapi juga kaya sama ragam budaya. Nah, ternyata tanah Cendrawasih juga punya batik tulis lewat tangan-tangan terampil warga Papua.

Menariknya, batik tulis tersebut merupakan etalase kekayaan alam dan budaya Papua. Sehingga motif batiknya terlihat menawan. Berikut adalah makna dari motif batik Papua, seperti dikutip dari situs indonesia.travel.

1. Motif Cendrawasih

Burung Cendrawasih merupakan ikon dari tanah Papua. Nah, burung khas itu kemudian diabadikan lewat motif batik Cendrawasih. Motif ini jadi ikonik dan salah satu motif yang paling favorit.

Motif ini didominasi dengan warna hijau, merah, serta kuning keemasan dan memberi kesan tegas juga gagah buat yang menggunakannya. Motif batik cendrawasih ini juga melambangkan kekayaan, keindahan, keanggunan alam serta fauna Papua.

2. Motif Asmat

Corak Suku Asmat menjadi motif batik Papua yang juga sangat terkenal. Begitu kamu lihat, pasti langsung teringat dengan Suku Asmat. Sebab, dalam motif batiknya begitu ikonik dengan kekhasan suku Asmat.

Nah, batik ini didominasi dengan corak ukiran yang khas seperti patung duduk kayu khas Suku Asmat. Warna batiknya juga memiliki ciri khas menggunakan warna tanah merah kecoklatan.

3. Motif Sentani

Bagi kalian yang lebih suka motif batik sederhana, corak Sentani khas Papua boleh dicoba. Batik Sentani ternyata menggambarkan tanah Papua yang kaya akan hasil buminya. Motifnya menampilkan alur batang kayu yang melingkar dengan sentuhan garis-garis emas.

4. Motif Kamoro

Batik khas Papua lainnya adalah bermotif Kamoro. Lebih lanjut, batik ini memiliki corak khas Timika. Batik Kamoro ternyata terinspirasi dari suku asli Papua dengan keindahan alam dan keunikan seni ukirnya.

Motifnya melambangkan simbol patung berdiri membawa tombak. Corak batik ini merupakan kombinasi biru dan hijau, hitam dan kuning, merah dan merah muda. Nah, bagi kamu yang suka tampil dengan warna berani, bisa pakai batik motif Kamoro ini.

5. Motif Prada

Bagi kamu yang suka warna hitam atau keemasan, Papua ada motif Prada. Motif Prada ini didominasi warna hitam dan keemasan.

Biasanya produksi motif batik prada didominasi warna-warna tersebut. Pembuatan batik ini memakai bahan benang yang berkualitas terbaik seperti dasar sutra atau bahan kain santung yang teksturnya mirip seperti katun dan sutera.

Batik prada ini melambangkan kekayaan alam tanah Papua, terutama tambang emas yang melimpah di Gunung Grasberg. Jadi, batik Papua mana yang jadi favoritmu? Temukan inspirasi budaya #DiIndonesiaAja dengan follow akun Instagram @pesona.indonesia ya!

Baca Juga : BKKBN Ajak Kepala Daerah di Papua Perkuat Pencegahan Stunting

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari bangunpapua.com. Untuk kerjasama bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version