Site icon Tanah Airku

Fashion Show Istana Berbatik di Papua

Jakarta, Bangunpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk tampil anggun dan mempesona ketika mengikuti fashion show Istana Berbatik.

Didampingi suami, Nikodemus Rumpumbo, Ribka Haluk tampil di atas panggung parade dengan mengenakan batik bermotif burung Cenderawasih berwarna merah.

Acara Istana Berbatik 2023 digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023) malam.

Istana Berbatik diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh hari ini, Senin (2/10/2023).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi istri, Wury Estu hadir dalam acara fashion show berbagai busana batik di Tanah Air.

Para pejabat negara mulai dari Menteri jajaran Kabinet Indonesia Maju, Kapolri dan Panglima, bahkan Dubes dari negara sahabat juga ikut mengenakan busana batik.

Yang tak kalah menarik ketika fashion show seluruh Gubernur, termasuk Papua Tengah tampil mengenakan busana batik motif Burung Cenderawasih berwarna merah.

Keduanya tampil serasi dan elegan ketika berjalan dan menyapa para tamu undangan.

Ribka Haluk menginginkan busana batik Nusantara semakin dicintai, khususnya batik yang berasal dari Tanah Papua.

Menurutnya, batik Papua memiliki motif khas dan sangat elegan ketika dikenakan.

“Selamat Hari Batik Nasional dan lestarilah sepanjang masa,” ujarnya.

Baca Juga : Mengenal Keanekaragaman Flora Papua

Presiden Joko Widodo mengatakan Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik.

Bukan hanya menjadi karya seni biasa, tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dan sinbolisme teknik dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia.

“Oleh sebab itu melalui Istana Berbatik malam ini yang dilaksanakan untuk memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggan pada kekayaan seni budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkaannya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dipercaya sebagai ketua panitia Istana Berbatik 2023, mengatakan, Istana Batik merupakan pagelaran busana yang menampilkan ragam batik nusantara, yang sarat akan makna dan keindahannya yang tak lekang oleh waktu.

“Pada pagelaran ini kita akan menyaksikan bagaimana batik menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dari masa ke masa, generasi ke generasi dan bagian dari diplomasi budaya Indonesia,” katanya.

Angela menerangkan Istana Berbatik akan menampilkan koleksi-koleksi batik terbaik dari berbagai kerajaan, UMKM binaan Bank Indonesia dan BNI, serta batik karya-karya perancang busana Indonesia.

Pagelaran busana malam ini melibatkan 503 orang peraga istimewa, termasuk para pewakilan Kerajaan, pinpinan Lembaga Negara, Duta Besar, para Mentri, Wakil Mentri, para Gubernur, pejabat Kementrian Lembaga dan Daerah serta BUMN, publik pigur, atlet dan model.

“Acara ini dimeriahkan pula dengan persembahan seni tari musik dan pameran UMKM karya anak bangsa, dan acara ini dihadiri sebanyak 4.380 undangan. Kami berharap melalui acara pada malam hari ini, batik sebagai warisan budaya Indonesia, semakin di gemari, semakin dikreasikan, semakin sering dikenakan, sehingga semakin lestari dan mensejahterakan,” pungkasnya.

Baca Juga : Pemerintah Dukung Sosialisasi Kehadiran DOB Papua Kepada Warga

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari bangunpapua.com. Untuk kerjasama bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

 

Exit mobile version