Site icon Tanah Airku

Membangkitkan Pendapatan di Kota Jayapura Melalui Tour The Papua dan Inisiatif Baru

BangunPapua.com – Pada tahun 2025, Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Papua, akan mengadakan acara Tour The Papua dengan menggandeng pelaku usaha di sektor perhotelan dan hiburan. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan di wilayah tersebut.

Matias Mano, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, mengungkapkan bahwa dalam pertemuan di Jayapura pada Rabu (21/2/2024), telah dilakukan pembicaraan bersama para manajer umum hotel, restoran, dan tempat hiburan di Kota dan Kabupaten Jayapura untuk membahas persiapan penyelenggaraan Tour The Papua.

“Kami telah bersepakat untuk melaksanakan ajang tersebut sehingga pendapatan dari bisnis perhotelan dan hiburan bisa meningkat karena selama ini kontribusi dari pajak hotel dan tempat hiburan masih kecil,” katanya.

Matias Mano berharap bahwa Tour The Papua dapat menjadi acara yang mendunia, menarik pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri untuk mengunjungi daerah tersebut. Selain itu, ia juga mengusulkan kepada beberapa kementerian untuk memanfaatkan fasilitas bekas arena pertandingan PON XX Papua sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai acara olahraga yang berskala nasional maupun internasional.

“Ini yang telah kami sepakati bersama sehingga akan dilaksanakan pada 2025 sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura,” tuturnya.

Mano juga menyatakan bahwa pihaknya sadar akan rendahnya pendapatan dari sektor perhotelan dan hiburan selama ini, yang belum mencapai target yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh penurunan aktivitas dan kunjungan wisatawan di Kota Jayapura.

“Dengan adanya ajang Tour The Papua pengunjung yang datang ke Kota dan Kabupaten Jayapura lebih banyak dengan demikian akan berdampak pada bisnis perhotelan, restoran dan hiburan,” katanya lagi

Baca Juga : Papua: Harta Karun Keberagaman Alam dan Warisan Budaya Nan Elok

Yuk dapatkan informasi Papua selengkapnya di BangunPapua.com. Untuk menghubungi kami bisa melalui email dan lainnya  

 

 

Exit mobile version