Site icon Tanah Airku

Brigjen Patrige Renwarin Resmi Menjabat Sebagai Kapolda Papua, Menggantikan Komjen Mathius

Brigjen Patrige Renwarin Diangkat Jadi Kapolda Papua, Gantikan Komjen Mathius

Jayapura, BangunPapua.com – Mutasi besar-besaran di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali terjadi, kali ini pusat perhatian tertuju pada pergeseran posisi strategis di Polda Papua. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi mengangkat Brigjen Patrige Petrus Rudolf Renwarin menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua. Beliau menggantikan Komjen Pol Mathius D Fakhiri yang telah menduduki posisi tersebut sebelumnya. Mutasi ini berlangsung sesuai dengan “Surat Telegram Kapolri tentang mutasi jabatan Polri Nomor ST/1845/VIII/KEP./2024 tertanggal 28 Agustus 2024 ditandatangani SDM Kapolri,” demikian disampaikan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (29/8/2024).

Perubahan ini tak hanya berhenti pada posisi Kapolda, namun juga terjadi pada jabatan Wakapolda Papua yang sebelumnya diemban oleh Brigjen Patrige R Renwarin. Posisi netral tersebut akan diteruskan oleh Brigjen Pol Faizal Ramdani yang sebelumnya telah dikenal atas perannya sebagai Kepala Satgas Operasi Damai Cartenz. Informasi rinci seputar pergeseran ini diungkapkan oleh kabid humas, “Kapolri juga melakukan pergantian kepada Wakapolda Papua yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Patrige R Renwarin selanjutnya akan dijabat oleh Brigjen Pol Faizal Ramdani yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satgas Ops Damai Cartenz.”

Brigjen Patrige Renwarin memiliki rekam jejak karier yang kaya, khususnya dalam bidang intelijen Polri. Laiknya sebuah novel perjuangan, Brigjen Patrige, yang lahir di Fakfak pada tanggal 7 Juli 1969 dan alumni Akademi Kepolisian tahun 1991 ini, telah melalangbuana dalam berbagai posisi kunci sepanjang pengabdian kepada negara. Mulai dari penugasan sebagai Kasat II Direktorat Reserse dan Kriminal Polda Papua, hingga tanggung jawab sebagai Kepala Kepolisian Resor (Polres) Sarmi tahun 2010 dan Kapolres Merauke tahun 2012, jejak karier beliau mencerminkan dedikasi yang tinggi.

Selain itu, pengalaman penting lain sebagai Wakil Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Papua pada tahun 2014, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua tahun 2015, serta sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri tahun 2016 menambah sederet prestasi yang pernah diukirnya. Mengasah keterampilan dalam bidang intelijen dan keamanan, pada tahun 2018 Brigjen Patrige dipercaya sebagai Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Papua. Dan sebelum naik pangkat menjadi Kapolda Papua, beliau menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Papua dan Wakapolda Papua Barat pada tahun 2020.

Dengan segudang pengalaman dan keahlian yang dimiliki, kepercayaan yang diberikan kepada Brigjen Patrige Renwarin untuk memimpin Polda Papua dipandang sebagai langkah tepat untuk meningkatkan keamanan serta ketertiban di wilayah tersebut. Mutasi Polri terbaru ini merupakan bagian dari dinamika organisasi kepolisian dalam mewujudkan keamanan nasional dan menyesuaikan strategi demi menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Baca Juga : Brigjen Patrige Renwarin Resmi Menjabat Sebagai Kapolda Papua, Menggantikan Komjen Mathius

Dapatkan informasi terupdate berita dari kami. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media Bangun Papua lainnya.

 

Exit mobile version