Site icon Tanah Airku

Operasi Puri Agung Polri Beraksi: Sinergi dan Kesiapsiagaan dalam Latpraops Jelang HLF MSP dan IAF ke-2 di Bali

 BangunPapua.com – Menjelang dua perhelatan internasional bergengsi yang akan berlangsung di Bali, yaitu High-Level Forum on Multi-Stakeholders Partnerships (HLF MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) telah memulai serangkaian persiapan keamanan yang intensif. Latihan praoperasi (Latpraops) yang dijuluki Operasi Puri Agung II 2024 digelar di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Bali, memberikan sinyal kuat terkait kesiapan POLRI dalam mengamankan kedua forum tersebut.

Serangkaian latihan yang dipusatkan di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Badung dan dipimpin oleh Kapolda Bali Irjen Pol. Daniel Adityajaya tersebut dihadirkan sebagai fondasi awal dalam membangun strategi keamanan yang solid. “Kegiatan ini bertujuan agar seluruh personel yang terlibat operasi mulai dari para pejabat hingga personel pelaksana di lapangan mampu memahami seluruh aspek rencana operasi dan strategi pengamanan yang akan dilaksanakan,” tutur Kapolda Bali.

Pendekatan yang diambil merupakan kolaborasi multisatuan yang melibatkan sinergi TNI dan POLRI termasuk kerja sama dari berbagai satuan kerja Mabes Polri, Polda Bali, Polda NTB, dan Polda Jawa Timur. “Dengan semangat dan kerja sama di antara kita semua, saya yakin dan percaya pertemuan Internasional ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” ujar Kapolda Bali optimis.

Operasi Puri Agung II-2024 memastikan bahwa tidak ada yang disisakan dalam hal kesiapsiagaan, dengan rincian pengamanan yang melibatkan 1.459 personel dari Mabes Polri, 2.464 dari Polda Bali, 300 dari Polda Jawa Timur (Jatim), dan 300 dari Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), yang semuanya akan membangun pertahanan keamanan selama berlangsungnya forum dari tanggal 31 Agustus hingga 4 September 2024.

Forum strategis ini memiliki agenda yang krusial bagi pembahasan isu-isu penting seperti transformasi ekonomi, energi, pertambangan, ketahanan pangan, kesehatan, dan pembangunan antara Indonesia dan negara-negara Afrika. Dengan 28 kepala negara dan 800 peserta dari berbagai pihak yang terlibat, kesuksesan acara ini tergantung pada kesiapsiagaan yang telah dijalankan.

Melalui Latpraops Puri Agung II 2024, POLRI telah menunjukkan komitmen dan profesionalisme tinggi dalam persiapannya. Kedepan, setiap personel yang terlibat diharapkan mempertahankan soliditas dan sinergi yang telah dibangun. Sambutan dunia terhadap IAF 2024 dan HLF MSP tercermin tidak hanya melalui peserta dan pembicaraan, tetapi juga melalui standar keamanan ekstra yang dikukuhkan POLRI demi sebuah forum internasional yang aman dan sukses.

Baca Juga : Brigjen Patrige Renwarin Resmi Menjabat Sebagai Kapolda Papua, Menggantikan Komjen Mathius

Dapatkan informasi terupdate berita dari kami. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media Bangun Papua lainnya.

Exit mobile version