Site icon Tanah Airku

Pesona Nabire, Ibu Kota Papua Tengah

Pesona Nabire, Ibu Kota Papua Tengah

Bangunpapua.com – Nabire adalah salah satu kabupaten yang ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah, Indonesia, yang berbatasan dengan Provinsi Papua Barat.

Jika melihat pada pembagian wilayah adatnya, Nabire masuk ke dalam wilayah adat Mee Pago.

Pesona Indonesia bagian Timur tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Di sana terdapat berbagai wisata bahari yang sangat mempesona dan memanjakan mata dan pikiran kita.

Berbicara Indonesia Timur tidak selalu soal Raja Ampat di Papua Barat, tapi di Papua sendiri juga menyimpan jutaan keindahan yang mungkin belum kita temui. Salah satunya ada di Nabire, Papua.

Nabire dapat dibilang memiliki letak yang sangat strategis di Pulau Papua, karena berada di punggung pulau. Nabire sering dijuluki sebagai ‘The City of Orange’.
Nabire ini tidak hanya dikenal sebagai tempat penghasil kopi saja, namun juga kekayaan alamnya yang luar biasa.

Nabire, ternyata menyimpan jutaan pesona yang belum diketahui dan dikunjungi banyak orang. Dari sekian banyak jutaan pesona Nabire, salah satunya habitat Hiu Paus di Teluk Cenderawasih, pantai-pantai yang indah, hingga air terjun tertinggi di tanah Papua. Semuanya ada di Kota Nabire.

Untuk mengetahui lebih lanjut pesona Nabire, Ibu Kota Papua Tengah, yuk simak artikel dibawah ini

Baca juga: Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Lorentz

1. Hiu Paus di Teluk Cendrawasih

Hiu Paus di Teluk Cendrawasih

Kalian ingin berenang di laut lepas bersama hiu paus dan hiu totol? Datang saja ke Teluk Cendrawasih, yang masih masuk area Kabupaten Nabire ini. Di sini, kita akan melihat langsung ikan hiu yang beratnya bisa mencapai 6 ton, bahkan bisa saja kita berenang di lautan bersama kawanan hiu. Sensasi ini tidak akan dirasakan dan tidak dijumpai oleh objek wisata lain.

Hiu Paus ini biasanya berkeliaran di perairan Kwatisore, di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Binatang-binatang laut tersebut terkesan begitu akrab dengan nelayan dan wisatawan, karena kehidupan mereka selama ini memang dilindungi, sehingga kehadiran manusia dekat mereka, tidak membuat ikan-ikan tersebut merasa takut.

Baca juga: Sejarah Taman Nasional Lorentz Papua

2. Pantai-Pantai Indah

Pantai – Pantai Indah

Pantai di Indonesia jelas menjadi unggulan, salah satunya Nabire. Di kota ini kita bisa menemukan banyak pantai indah yang harus dikunjungi. Misalnya; Pantai Gedo, Pantai Ahe, Pantai Nomalisa, Pantai Burate, Pantai Maf, hingga Pantai Musi. Semuanya menyuguhkan keindahan dan pesonanya yang luar biasa, dan tak kalah dari pantai-pantai lain di Indonesia.

Baca juga: Taman Nasional Lorentz Warisan Alam Dunia, Simak Yuk!

3. Air Terjun Bihewa

Air Terjun Bihewa

Air terjun ini merupakan salah satu keunikan wisata di Nabire, Papua. Air terjun di Nabire ini letaknya masih tersembunyi dan jarang diketahui wisatawan, bernama air terjun Bihewa. Ada yang menyebut air terjun Bihewa jadi yang tertinggi di Tanah Papua. Bihewa punya tinggi sekitar 40 meter dan memiliki 7 tingkatan.

Namun, karena lokasinya yang tersembunyi, perjalanan menuju ke air terjun Biweha terbilang cukup berat dan sulit, terutama jika kalian belum banyak pengalaman trekking. Sepanjang perjalanan trekking, kita akan disuguhkan pemandangan hutan yang begitu indah dan asri.

Baca juga: 5 Fauna Endemik Taman Nasional Lorentz Papua

Exit mobile version